Mandi Junub jangan asal jebar-jebur

Hei hei hei
Sekedar share aja
Kalian pernah punya junub/hadats besar?
Trs apa yg kita lakuin?
Pasti mandi junub/wajib donk?
Tapi tau ga?
Mandi junub tuh ada fiqih(aturan)nya juga loh sama kaya wudhu!
Jadi ga asal jebar-jebur pake sabun trs keramas n lantas selesai tu mandi
Kalo cm gt mah apa beda’a sama mandi biasa??

‘Aisyah Radliyallaahu ‘anhu berkata: Biasanya Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam jika mandi karena jinabat akan mulai dengan membersihkan kedua tangannya, kemudian menumpahkan air dari tangan kanan ke tangan kiri, lalu mencuci kemaluannya, kemudian berwudlu, lalu mengambil air, kemudian memasukkan jari-jarinya ke pangkal-pangkal rambut, lalu menyiram kepalanya tiga genggam air, kemudian mengguyur seluruh tubuhnya dan mencuci kedua kakinya. Muttafaq Alaihi dan lafadznya dari Muslim.

Nih fiqih junub ala rosululloh:
1. Mencuci pergelangan tangan
2. Berkumur2 sambil menghisap air ke hidung lalu di keluarkan lagi (3x)
3. Membasuh tangan (biasakan dimulai dari kanan) sebanyak 3x
4. Mencuci kemaluan dengan tangan kiri
5. Mambasuh tangan lagi ( 2 atau 3x)
6. Wudhu (sebagaimana berwudhu untuk sholat)
7. Menyeka rambut dengan jari tangan ( kaya pijet kepala gt) sbnyak 3x
8. Membasuh badan sebanyak 3x
9. Membasuh kaki sebanyak 3x
10. Menjirus (mandi seperti mandi biasa)
11. Keramas (kalo ada shampoo)
12. Bersiwak (sikat gigi)
Kalo udah mandi junub ga usah ngambil wudhu lagi kalo kita mau sholat selama kita ga megang kemaluan, ga ada sesuatu yg keluar dari qubul maupun dubur
N ga nyentuh orang yg bukan mahrom kita

Agak ribet sih
Tapi demi sebuah kesempurnaan ibadah ga akan ada rugi’a
Percuma kalo kita ibadah (sholat) tapi badan kita belum bersih dari junub(hadats besar)
Diterimakah ibadah qt??
Wallohu ta’ala a’lamu bish-showab
Cm alloh dan rosul’a yang tau
Mudah2an qt ga asal mandi junub atau wudhu
Karna yang kita hadapin bukan orang
Tapi Dzat yang dimana jiwa muhammad ada di tanganNya!
Dan Dzat yang maha penguasa alam dan kehidupan
Mari perbaiki wudhu dan mandi junub kita
Demi memperoleh kesempurnaan ibadah
Semoga kita semua tergolong dalam ummat yang memperoleh syafaat(pertolongan) di hari akhir nanti

Wallohu ta’ala a’lamu bish-showab

Penulis
Renaldi Alfiansyah

Sumber :

Categories: Mandi & Wudhu | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: